A so-called office. And generator of the life in this 23rd floor APT. In which this blog is written. To share the world some must-be-tried meal. Together two other kitchens also contribute. Their food from two other different parts of the world.

3/01/2007

Tiramisu

From kitchenku


Bahan-bahan:

Cheese cream:
  • Mascarpone cheese 250 gr
  • gula 50 gr
  • Air lemon 1 sdm
  • Amaretto 1 sdm
  • Fresh cream 130 ml
Coffee syrup
  • Gula 20 gr
  • Air 40 ml
  • Kopi instan 1 1/2 sdt
  • Coffee liquor 2 sdt
Finger biscuit 12 batang
Cocoa powder secukupnya

Cara membuat:
Cheese cream
  1. Masukan cheese dalam mangkuk. Kocok dengan pengocok sampai licin. Tambahkan granulated sugar. Kocok sampai gula leleh.
  2. Beri air lemon, kocok agar masuk udara, kemudian beri amaretto. kocok lagi. cheese cream akan menjadi lebih lembut.
  3. Siapkan mangkuk yang lain. Masukan fresh cream. Masukan mangkuk dalam mangkuk lain berisi es batu. Kocok fresh cream sampai kekentalan 70 persen (kalau pengocok diangkat, bisa lihat tumpukan adonan - hampir sama lembut dengan cheese cream)
  4. Tambahkan fresh cream kedalam mangkuk berisi cheese cream. Pegang pengocok dengan posisi vertikal, kemudian aduk (jangan dikocok). Jangan terlalu banyak diaduk. Hanya aduk sampai fresh cream dan cheese cream tercampur. Kalau terlalu banyak aduk, fresh cream dan cheese akan terpisah. Jika adonan masuk kedalam pengocok, pukul pengocok secara vertikal dibagian bawah mangkuk.
  5. Setelah tercampur rata, gunakan sendok plastik untuk mengumpulkan adonan.
Coffee syrup
  1. Siapkan mangkuk kecil. Masukan instant coffee dan coffee liquor. Aduk dengan sendok plastik sampai kopi leleh.
  2. Siapkan juga mangkuk kecil yang lain. Masukan gula dan air. Aduk rata, kemudian tambahkan coffee syrup.
  3. Masukan finger biskuit dalam coffee syrup. Potong jadi dua. Masukan dalam gelas. 1 Gelas bisa diisi 2 finger biskuit.
  4. Gunakan sempring untuk menghias, masukan adonan keju. Masukan adonan dalam gelas berisii finger biskuit membentuk mountain shape (atau japanese character "no"). Dinginkan dalam refrigerator selama 1 jam.
  5. Sebelum dimakan, taburi bagian atas tiramisu dengan cocoa powder.
Bisa juga semua adonan dimasukan dalam mangkuk besar. Susun finger biskuit yang sudah dipotong dua. Masukan cheese cream diatasnya, ratakan dengan sendok palstik, taburi bagian atasnya dengan cocoa powder sampai rata.

No comments: